Sunday, August 18, 2013

Jumlah Korban Konflik Mesir Versi Pendukung Mursi dan Versi Pro Militer [ BeritaTerkini ]


TRIBUNNEWS.COM, KAIRO – Jumlah korban tewas dalam bentrokan terbaru antara pasukan keamanan Mesir dan para pendukung mantan Presiden Mesir, Mohamed Morsi yang terjadi di hari Jumat (16/8/2013), waktu setempat mencapai 213 orang.

Menurut organisasi masyarakat yang getol mendukung Morsi, Ikhwanul Muslimin, 213 yang meregang nyawa itu mengalami nasib naas dalam bentrokan yang terjadi di seantero negeri, dan hanya 100 orang yang berada di ibukota Kairo.

Namun Kementerian Kesehatan Mesir (yang berada dalam kekuasaan pro militer), mengatakan korban tewas hanya berjumlah 27 orang.

Insiden kekerasan terbaru itu terjadi selang sehari tewasnya 600 orang ketika pasukan keamanan membersihkan dua aksi duduk di Kairo.

Media BBC melaporkan terdapat 12 mayat di luar sebuah masjid di Ramses Square dan terjadi penembakan di tepi sungai Nil di hari Jumat.

Sementara kendaraan pengangkut personel lapis baja kemanan berpatroli di jalan-jalan Tahrir Square, di mana pengunjuk rasa menggelar demonstrasi yang menggulingkan Hosni Mubarak pada tahun 2011.

Surat kabar Inggris, The Daily Telegraph dalam akun Twitter mereka mengatakan, penembak jitu menembaki demonstran. Ada juga laporan bahwa pasukan keamanan menembaki demonstran dari dalam helikopter.

Ribuan demonstran menyerbu melalui jembatan 15 Mei ke pusat kota Kairo dan segera dihadang oleh pasukan keamanan yang memblokir jembatan 6 Oktober.

Gas air mata dilaporkan dilepaskan pasukan keamanan ke arah kerumunan orang di Ramses Square, yang dibalas oleh para demonstran menggunakan batu dan kembang api. Asap dapat terlihat membubung tinggi di atas alun-alun kota.

Aksi demonstrasi di hari Jumat kemarin itu dimaksudkan untuk melampiaskan kemarahan para pro-Morsi atas kekerasan berdarah yang terjadi di hari Rabu. (upi.com)

Samuel Febriyanto


Baca Juga:

Pas Mau Bersalin, Aktris Ini Masih Kuat Jalan Kaki Selama 1,5 Jam

Asyiknya Upacara HUT RI di Dunia Maya Bareng Mahfud MD-Prabowo

PBB Didesak Usut Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Selama Konflik Mesir



YOUR COMMENT