Friday, August 30, 2013

Kalah Bersaing, Panasonic Mundur dari Pasar Smartphone [ BeritaTerkini ]


DREAMERSRADIO.COM -

Persaingan yang keras di industri smartphone membuat Panasonic merampungkan rencananya keluar dari pasar smartphone di Jepang. Perusahaan asal Sakura tersebut mengaku telah mendekati sejumlah pembeli potensial bisnis cellular base station.

Dilansir dari Reuters, Panasonic akan mengakhiri secara resmi aktivitas produksi di satu-satunya pabrik smartphone miliknya pada Maret 2014. Hal ini akan menjadi penanda resmi mundurnya Panasonic dari pasar smartphone.

Kepada operator telekomunikasi NTT DoCoMo, Panasonic telah memberitahukan akan berhenti memasok ponsel baru mulai musim dingin tahun ini. Meski demikian, Panasonic masih akan menyediakan model ponsel khusus kalangan korporat untuk pasar asing.

“Produksi dan penjualan domestik ponsel konvensional masih akan dilanjutkan,” demikian dilaporkan bursa saham Nikkei.

Laporan itu juga menyebutkan, Panasonic berniat menjual bisnis cellular base station-nya. Indikasi ini terlihat dari pendekatan yang dilakukan Panasonic ke sejumlah pembeli potensial, salah satunya Nokia. Bukan tanpa sebab, Panasonic memutuskan mundur dari pasar smartphone. Juli silam tercatat penjualan ponsel Panasonic menurun tajam pada periode April-Juni.

Hal ini sedikit banyak dipengaruhi keputusan NTT DoCoMo, operator yang mendistribusikan ponselnya, yang mengadopsi strategi marketing baru. NTT DoCoMo menawarkan diskon besar-besaran untuk smartphone buatan Sony dan Samsung.

Sementara itu, Panasonic sendiri memang terbilang tak terlalu menonjol untuk produk smartphone. Beberapa ponselnya pernah mencuri perhatian, tapi tenggelam lagi. Pada 2012 lalu, Panasonic merilis Eluga ponsel berbasis Android yang tahan air.



YOUR COMMENT