Sunday, August 4, 2013

Obama Veto Pelarangan Impor iPad dan iPhone dalam Kasus Samsung Melawan Apple [ BeritaTerkini ]


Pemerintahan Amerika Serikat di bawah Barack Obama beberapa saat yang lalu telah mengeluarkan surat veto yang membatalkan putusan dari Komisi Dagang Internasional - International Trade Commission dalam sebuah kasus gugatan paten antara Samsung dan Apple. Pada intinya, pemerintah Amerika Serikat menganulir keputusan ITC yang memenangkan Samsung dan melarang impor iPad dan iPhone di Amerika Serikat. Pemerintah AS melalui Departemen Perdagangan mengeluarkan veto atas putusan ITC karena menilai bahwa keputusan tersebut akan bisa merugikan konsumen, kondisi kompetisi bisnis di Amerika Serikat, dan alasan lainnya (undue leverage).

Sebelum ini ITC telah memenangkan kasus gugatan antara Samsung dan Apple terkait paten teknologi nirkabel milik Samsung yang bersifat FRAND (fair, reasonable, and non-discriminating). ITC menilai bahwa Apple telah menggunakan paten milik Samsung tanpa lisensi dalam gadget yang dibuatnya sehingga kemudian menjatuhkan hukuman pelarangan impor perangkat iPad dan iPhone yang menggunakan teknologi tersebut, yaitu iPhone 4, iPhone 3GS, iPad 2 3G, dan iPad 3G generasi pertama. Keputusan ITC tersebut bisa berdampak cukup besar mengingat iPad 2 dan iPhone 4 hingga saat ini masih dijual di wilayah Amerika Serikat.

Pihak Apple mengatakan menyambut gembira atas keluarnya veto atas kasus penting tersebut. Menurut Apple, Samsung telah bersalah dengan menyalahgunakan sistem paten dalam hal ini.

Sementara itu pihak Samsung menyatakan ketidakgembiraannya atas veto tersebut. Menurut Samsung, pihaknya kecewa dengan veto pemerintah AS untuk membatalkan putusan ITC. Menurut pihak Samsung, putusan ITC sudah tepat dengan mengakui bahwa pihak Samsung sudah bernegosiasi dengan itikad baik sementara Apple tetap tidak mau untuk melisensi paten (yang dimiliki Samsung).

Dengan veto ini maka Samsung kembali kalah dalam perkaranya melawan Apple di pengadilan Amerika Serikat. Tahun 2012 lalu, pengadilan California telah menjatuhkan denda sekitar 1 miliar dolar kepada Samsung yang diputuskan terbukti melanggar berbagai paten desain milik Apple.

Pihak Samsung tidak dapat mengajukan banding atas veto yang dikeluarkan pemerintah Amerika Serikat ini. Namun begitu pihak Samsung masih bisa terus berupaya melalui pengadilan di tempat lainnya.

via WSJ, 9to5Mac

YOUR COMMENT